THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 18 Februari 2009

EASGames Laos 2009 Tantangan Pengurus Baru PSTI

JAKARTA-Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo mengatakan, ajang multievent SEA Games Laos 2009 merupakan tantangan bagi kepengurusan baru Pengurus Besar.Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PB.PSTI) untuk membuktikan kemampuannya berprestasi lebih baik lagi. Hal itu dikemukakan Rita Subowo ketika melantik kepengurusan baru PB.PSTI periode 2009-2013 yang dipimpin oleh Ketua UmumMarsekal Madya TNI (Purn) HM Basri Sidehabi,S.IP,MBA di Gedung Kerucut, Senayan, Jakarta, Rabu (18/2).
Dikatakan, pada SEA Games 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand, sepaktakraw menyumbang 3 medali perak dan 1 perunggu bagi kontingen Merah-Putih. Selain itu, di ajang Asian Beach Games (ABG) I di Bali tahun lalu, olahraga tradisional bangsa Melayu ini berhasil mempersembahkan 1 perak dan 2 perunggu. Untuk itu, Rita Subowo berharap agar prestasi olahraga ini lebih meningkat lagi terutama di ajang SEA Games Laos 2009.
”Saya berharap kepengurusan baru ini dapat mengantarkan olahraga ini lebih berprestasi lagi. Untuk menjawab tantangan itu perlu dilakukan terobosan-terobosan baru. Seperti misalnya lebih memperbanyak lagi menggelar kejurnas terutama kejurnas kelompok usia, pemasalan, pembibitan, serta pemantauan bakat bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dan seluruh stake holder olahraga di Indonesia,” kata Rita Subowo dalam sambutannya.
Di sisi lain, Rita Subowo juga meminta kepada semua jajaran pengurus untuk lebih
mempersiapkan lagi atlet terbaiknya mengikuti berbagai ajang baik itu ditingkat multievent maupun single event. Seperti Asian Games 2010, Youth Olympic 2010.
Sementara itu, pemusatan latihan sepak takraw SEA Games 2009 yang direncanakan berlangsung di Riau ada kemungkinan bakal dipindahkan ke Jakarta. Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSTI HM.Basri Sidehabi.
“Kita akan evaluasi lagi untung dan ruginya jika pelatnas sepak takraw dilaksanakan di Riau. Tapi, saya melihat akan lebih efektif jika dilakukan di Jakarta. Dalam hal fasilitas, Jakarta juga jauh lebih lengkap,” ujar Basri yang menggantikan Bupati Bengkalis, Syamsurizal sebagai Ketua Umum PB.PSTI.
Dalam menghadapi SEA Games 2009 di Laos, November mendatang, KONI Pusat memang melakukan pelatnas di beberapa daerah. Riau adalah salah satu daerah yang dipercaya menjadi tuan rumah pelatnas tiga cabang olahraga, masing-masing sepak takraw, golf, serta angkat besi.
Adapun mekanisme pembiayaanya, board and loadging menjadi tanggungan Pemda setempat. Sedangkan KONI Pusat menanggung uang saku para atlet dan pelatih.
Lebih jauh, Basri menambahkan dalam masa kepengurusan selama empat tahun ke depan pihaknya telah menyiapkan program-program unggulan. Salah satunya adalah memutar liga sepak takraw berskala nasional.
“Kita menargetkan sepak takraw makin disukai oleh generasi muda Indonesia. Terdekat kita juga pasang target meraih medali di Asian Indoor Games di Vietnam,” lanjut Sidehabi.(keke)

0 komentar: