THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Rabu, 18 Februari 2009

Riau Minta Pelatnas Ditunda

Riau Minta Pelatnas Ditunda
PEKANBARU, SENIN — Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk persiapan SEA Games Laos 2009 di Provinsi Riau terpaksa ditunda. Sekitar 50 atlet dari tiga cabang olahraga, golf, angkat besi/berat, dan sepak takraw yang semula dijadwalkan tiba di Riau, 10 Februari, ditunda hingga 25 Februari.
Keputusan menerima tawaran KONI Pusat sebagai tuan rumah Pelatnas membuat Pemprov Riau kelimpungan mencari dana untuk membiayai Pelatnas tersebut karena kegiatan ini tidak dianggarkan di APBD 2009.
Program Pelatnas seharusnya dilaksanakan KONI Pusat dari dana APBN. Namun, karena dana Pelatnas dipangkas, KONI Pusat mengalihkan Pelatnas ke daerah-daerah, termasuk Riau, yang diusulkan menjadi tempat Pelatnas tiga cabang olahraga.
Riau sebenarnya bisa saja menolak Pelatnas tersebut karena tidak memiliki dana. Namun, diperkirakan karena faktor tuan rumah PON 2012, Pelatnas tetap dipaksakan. Padahal program ini tidak terlalu banyak memberi dampak positif dalam pembinaan prestasi olahraga daerah.
"Sampai saat ini belum ada dana, baik di Dispora maupun di KONI Riau," ujar Kepala Dispora Riau Lukman Abbas, Senin (9/2).
Selain faktor dana, Riau juga belum siap menyediakan fasilitas latihan tiga cabang olahraga tersebut. Golf dipusatkan di Labersa, angkat besi/berat di Rindu Sepadan (Minas) dan sepak takraw di Angkasa Badminton Jalan Riau.
Sebagai tuan rumah, Riau dibebani biaya akomodasi, konsumsi dan transportasi lokal atlet, pelatih, dan ofisial Pelatnas. Ditaksir, dana yang dibutuhkan mencapai miliaran rupiah.
"Soal besar biaya belum dibahas. Namun, yang jelas, Pelatnas ini tetap dilaksanakan karena Riau sudah menyatakan bersedia menjadi tuan rumah," tutur Lukman Abbas di Kantor Gubernur Riau seusai rapat kerja dengan Deputi Binpres Iptek Kantor Menegpora RI, membahas persiapan PON 2012.
Sebelumnya, KONI Riau mengusulkan lima cabang olahraga di-Pelatnas-kan di Riau. Namun, yang ditetapkan KONI Pusat hanya tiga cabang olahraga. Dua cabang lagi, taekwondo diserahkan ke Provinsi Kalimantan Timur dan senam batal Pelatnas karena tidak dipertandingkan di Laos.
Sementara itu, Deputi Binpres Iptek Kantor Menegpora RI Tunas Minarto mengungkapkan bahwa hingga saat ini pemerintah pusat belum memiliki dana untuk Pelatnas. Melalui penunjukan beberapa daerah sebagai tuan rumah Pelatnas, diharapkan biaya selama Pelatnas ditanggung daerah.
"Anggaran Pelatnas yang diajukan KONI Pusat saat ini sedang diproses di DPR karena harus melalui persetujuan dan pengesahan DPR," tutur Tunas.
Kunjungan Wakil Ketua KONI Pusat Hendarji Supandji ke Riau belum lama ini juga terkait soal Pelatnas, di samping memantau persiapan Riau sebagai tuan rumah PON 2012. Hendarji ketika itu berharap, Pemprov Riau bersedia membantu Pelatnas tiga cabang olahraga yang ditetapkan.
Sumber : Kompas

0 komentar: