THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Sabtu, 29 November 2008




Basket Indonesia, Tidak Membosankan!

Babak final four kompetisi bola basket A Mild Indonesian Basketball League (IBL) 2008, saat ini tengah berlangsung di Jakarta. Empat tim yang masuk babak final four adalah "langganan" empat besar IBL, Satria Muda (SM) Britama Jakarta, XL Aspac Jakarta, Garuda Bandung, dan Bhinneka dari Solo.

Dari keempat tim itu, sudah bertahun-tahun sejak IBL digulirkan pada 2003, tim yang masuk grand final hanya "itu-itu saja", SM Britama dan XL Aspac. Itulah sebabnya, banyak pencinta baskt yang menyebutkan kompetisi bola basket Indonesia mulai membosankan, dan mempelesetkan singkatan IBL menjadi "Indonesian Boring League".

Tak heran, dalam babak final four kali ini, banyak yang mendukung tim yang dianggap sebagai underdog, yaitu Garuda dan Bhinneka. Hal itu misalnya dapat terlihat pada babak final four yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta, 26-27 April ini, yang menghadapkan runner-up tahun lalu, XL Aspac, melawan penantangnya Garuda.

Garuda masuk ke babak final four setelah mengalahkan Kalila dari Jakarta dalam pertandingan yang digelar di C'Tra Arena, Bandung, akhir pekan lalu. Saat itu,Garuda menang telak. Namun kemenangan itu disertai beberapa catatan. Kelly Purwanto, bintang Garuda yang juga menjadi salah satu "ikon" masih sering ingin terlalu bermain cantik. Sementara calon pemain terbaik, Most Valuable Player (MVP) IBL 2008, Denny Sumargo masih sering terlalu banyak men-dribble bola, padahal banyak temannya yang berdiri bebas tanpa penjagaan. Turn over Garuda juga masih terlalu banyak, di atas 20 kali. Padahal untuk tim sekelas Garuda, turn over di atas 15 kali sudah terhitung banyak.

Untunglah, dalam pertandingan menghadapi XL Aspac yang lebih dijagokan oleh banyak pihak, Garuda berhasil memperbaiki kelemahan-kelemahan itu. Justru XL Aspac yang terlihat keteteran dengan permainan cepat Garuda. Di kuarter pertama, Garuda telah unggul 29-19. Kelly Purwanto langsung menggebrak sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai. Kelly mengawali dengan lemparan dua angka, dan kemudian sekali lagi dengan lemparan tiga angkanya, yang dua-duanya menghasilkan angka.

Di kuarter kedua, XL Aspac mencoba bangkit dan berhasil memperkecil ketinggalan, sehingga skor akhir 40-39 masih untuk Garuda. Pada kuarter ketiga Garuda kembali menggebrak. Di kuarter ini, andalan XL Aspac, Mario Wuysang sempat mengalami cedera, sehingga harus keluar lapangan. Hasil akhir di kuarter ini adalah 64-53 untuk Garuda.

Pertandingan seru terjadi di kuarter keempat. Baru saja semenit lebih pertandingan berlangsung, Kelly terjatuh saat hendak melakukan lay up. Kepalanya membentur tiang dan terpaksa harus dirawat beberapa saat. Angka mulai berkejaran. Saat tersisa 1 menit 16 detik, angka sama 72-72. Bahkan 18 detik menjelang kuarter keempat berakhir, XL Aspac sempat unggul 74-72. Namun 6 detik menjelang akhir, Kelly yang sudah masuk lapangan kembali mendapat dua kali lemparan bebas yang dengan sempurna dilakukannya, sehingga akhir kuarter keempat 74-74.

Terpaksa dilakukan perpanjangan waktu (over time) selama 5 menit. Pada perpanjangan waktu ini, XL Aspac sempat memimpin 75-74, 78-75, bahkan sampai 81-75 ketika waktu tersisa 2 menit 45 detik lagi. Garuda tak mau menyerah, pelan-pelan bangkit, dan pada 1 menit 22 detik menjelang akhir memimpin 82-81. XL Aspac menyamakan kedudukan 82-82, namun akhirnya Garuda menang 83-82.

Kemenangan itu membuat XL Aspac harus menang dalam pertandingan game ke-2, Minggu 27 April 2008 di tempat yang sama. Menurut pelatih XL Aspac, Tjetjep Firmansyah, pihaknya tentu saja akan berusaha memenangkan pertandingan di hari Minggu ini.

Sementara itu manajer Garuda, Simon Pasaribu, menyebutkan pihaknya akan menjaga momentum kemenangan, sehingga bisa menang kembali di Minggu ini dan melaju ke babak grand final.

Sementara bagi para pencinta basket Indonesia, kemenangan Garuda itu membuat pertandingan kompetisi IBL tidak lagi membosankan. Bahkan menjadi lebih seru dan lebih bernilai sebagai suatu pertandingan olahraga dan sekaligus hiburan yang menarik.

0 komentar: